Pengalaman Perbaiki Tombol Source, Menu dan Tombol Volume Remot TV Polytron Yang Tidak Berfungsi

 Pengalaman ini berawal dari TV Polytron saya yang rusak tidak ada gambarnya. Pulang kerja anak saya bilang TV nya rusak tidak ada gambarnya, setelah saya cek benar saja TV tidak ada gambarnya hanya suara saja. Browsing di internet kira kira apanya yang rusak dan berapa biaya servicenya. Disana saya mendapatkan bahwa biasanya TV LED yang tidak ada gambarnya biasanya yang rusak lampu LED nya atau IC nya dan biasanya jika dibawa ke tulang service biayanya mintanya mahal sekitar 800 ribu.

Saya ingat dulu parnah service TV lama saya ke tetangga dan biayanya murah. Tanpa tunggu lama saya bawa TV tersebut ke tetangga saya bareng istri. Dua hari tanpa TV rumah rasanya sepi tidak ada hiburan, anak-anak rewel minta nonton TV.

Sore hari di hari ke tiga tukang service telephone katanya TV sudah jadi dan bisa diambil biaya service 200 ribu. Saya bareng istri langsung ambil TV biar nanti malam anak-anak bisa nonton TV lagi. Karena waktu itu tidak bawa remot saat di tukang service TV hanya di tes benar sudah nyala dan ada gambarnya.

Sampai dirumah TV saya coba dan ternyata ada beberapa tombol remot yang tidak berfungsi yaitu tombol source, menu dan volume. Saya tidak bisa pilih source dan putar video dari flashdisk, tidak bisa pilih menu untuk memperbaiki channel yang gambarnya kurang bagus dan tidak bisa mengecilkan suara. Tanpa pikir panjang saya langsung balik ke tukang service dan bilang masalah tadi. Pas di tes pakai remot punya tukang service semua baik baik saja, tukang servicenya bilang masalahnya ada pada jalur tombol source, menu dan volume remot TV saya dan menyarankan untuk beli remot baru. Ya sudah lah saya pulang sambil berpikir bagaimana caranya memperbaiki remot TV yang tidak berfungsi.

Sambil nunggu punya uang untuk beli remot baru saya googling cara memperbaiki remot TV Polytron yang tidak berfungsi dan saya tidak menemukan. Sementara saya gunakan cara manual untuk memperbaiki channel yang tidak jelas gambarnya pakai tombol menu yang ada pada TV. Semua channel sudah bening gambarnya hanya saja ada satu channel yang masih belum jelas, saya ulangi langkah tadi. Nah ini dia, saat saya coba tombol - volume tiba-tiba berfungsi begitu juga tombol source dan menu.

Jadi jika remot TV Polytron tidak berfungsi terutama tombol source, menu dan - volume anda bisa lakukan langkah-langkah seperti yang saya lakukan.

Pilih tombol menu pada TV pilih channel set - pilih auto search ulangi beberapa kali sampai berhasil. Itu saja pengalaman saya semoga artikel ini di halaman pertama pencarian google dan bermanfaat buat banyak orang yang sedang cari cara memperbaiki remot TV Polytron. Jika berhasil uang yang rencananya buat beli remot baru bisa anda shodaqohkan atau bisa buat beli makan terus makan bareng anak-anak dan keluarga anda sambil nonton TV.
Share on Google Plus

About Ahmad Mubarok

0 komentar:

Post a Comment