4 Ayat Al-Qur'an Tentang Gempa


Gempa adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi atau lempeng bumi. Gempa sudah ada dari zaman dahulu termasuk pada zaman nabi Musa. Berikut 3 ayat Al-Qur'an yang bisa kita ambil pelajaran dari kejadian tersebut.

QS Al- A'Raf ayat 78

Lalu datanglah gempa menimpa mereka, dan mereka pun mati bergelimpangan di dalam reruntuhan rumah mereka.

QS Al- A'Raf ayat 91

Lalu datanglah gempa menimpa mereka, dan mereka pun mati bergelimpangan di dalam reruntuhan rumah mereka.

Pelajaran yang bisa kita  ambil dari 2 ayat diatas adalah saat terjadi gempa maka sebaiknya kita keluar dari rumah, walau pun kita yakin bahwa hidup mati seseorang sudah Allah tentukan.

QS Al- A'Raf ayat 155

Dan Musa memilih tujuh puluh orang dari kaumnya untuk (memohon tobat kepada Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan. Ketika mereka ditimpa gempa bumi, Musa berkata, "Ya Tuhanku, jika Engkau kehendaki, tentulah Engkau binasakan mereka dan aku sebelum  ini. Apakah Engkau akan membinasakan  kami karena  perbuatan orang-orang yang  kurang berakal di antara kami? Itu  hanyalah cobaan dari-Mu, Engkau sesatkan dengan cobaan itu siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau beri petunjuk kepada siapa yang  Engkau kehendaki. Engkaulah pemimpin kami, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat. Engkaulah pemberi ampun yang terbaik."

Bagi orang-orang yang beriman gempa adalah cobaan dari Tuhan, bersabar dan mohon ampunan adalah cara terbaik.

QS Al- 'Ankabut ayat 37

Mereka mendustakannya (Syu'aib), maka mereka ditimpa gempa yang dasyat, lalu jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat-tempat tinggal mereka.

Selain memang faktor alam gempa bisa saja terjadi sebagai peringatan atau hukuman bagi suatu kaum yang mendustakan manusia pilihan Allah.


Share on Google Plus

About Admin

0 komentar:

Post a Comment