Sejarah dan Tokoh SEO Terkemuka

Search Engine Optimizatian atau biasa disingkat SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan oleh pemilik website atau webblog secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan trafik website mereka dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan akhir SEO sendiri adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas atau halaman pertama hasil pencarian kata kunci tertentu yang ditargetkan.

Berkembangnya teknologi internet digunakan sebagai media bisnis, kebutuhan akan SEO juga makin meningkat. Sebuah situs yang berada posisi teratas hasil pencarian google akan menjadi pemenang dan berpeluang perusahaan tersebut menjadi sukses. Peluang ini dimanfaatkan oleh sejumlah pihak untuk menawarkan jasa SEO pada perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet seperti e-commerce. Bahkan perusahan lain untuk membuat dan menjaga citra baik perusahaan tersebut.

Sejarah SEO

Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 juli 1997 oleh sebuah pesan scam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi lanjutan dari Backrub. Dalam waktu singkat google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas, tidak dimanipulasi, cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situsnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin dan bisa menempati posisi halaman pertama mesin pencari google.

Tokoh-Tokoh SEO Terkemuka

Selain pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin, ada beberapa tokoh SEO yang namanya sangat terkenal seperti :


  • Danny Sullivan, mantan wartawan LA Times yang mendirikan situs web Search Engine Watch yang aktif menyoroti perkembangan bisnis dan teknologi mesin pencari. Kini dia aktif menulis dan membuat reportase di search engine land.
  • Matt Cutts, Seorang programmer dan mantan pegawai NASA yang bergabung dengan google pada tahun 2001 dan saat ini mengepalai tim penanggulangan spam google. Selain menjadi karyawan google, Matt juga seorang blogger terkemuka. 
  • Vannesa Fox, Mantan karyawati google yang dikenal dikalangan webmaster sebagai konseptor dan programmer yang mengepalai proyek google webmaster  center.

Share on Google Plus

About Ahmad Mubarok

0 komentar:

Post a Comment