PLN Terangi Gili Gede, Pulau Dengan Potensi Pariwisata di NTB


Dengan menggunakan kapal tongkang sederhana tiang, kabel dan trafo diangkut menuju Gili Gede. Melewati perjuangan berat dan proses pengangkutan yang lama akhirnya peralatan tiba di Gili Gede menjelang petang, satu per satu kabel dan trafo diturunkan dari kapal. Prosesnya pun bertambah sulit karena air laut semakin pasang dan penerangan sangat terbatas.

Dari dermaga menuju lokasi pemasangan tiang, kabel dan trafo diangkut menggunakan gerobak, bahkan terkadang harus digotong oleh beberapa petugas. Pasalnya, selain akses jalan yang kecil, di Gili Gede pun tidak ada mobil.

Gili Gede merupakan salah satu pulau yang memiliki potensi, khususnya di bidang perikanan dan pariwisata.  Dimana sebagian penduduknya berprofesi sebagai nelayan dan budidaya ikan laut. Beberapa penduduk juga memiliki homestay bagi wisatawan.

Saat ini, penduduk Gili Gede menggunakan genset untuk memenuhi kebutuhan listriknya. Oleh karena itu, kehadiran listrik PLN ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Gili Gede terutama dari sektor pariwisata.
Share on Google Plus

About Ahmad Mubarok

0 komentar:

Post a Comment