Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya


Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya atau matahari menjadi energi listrik.  Cara kerja dari pembangkit listrik ini sangat sederhana.  Sel foltovotaik sebagai komponen utama berperan untuk menangkap panas matahari yang kemudian akan dirubah menjadi energi listrik. Dibandingkan dengan pembangkit listrik lain, jenis pembangkit ini diklaim lebih ramah lingkungan, murah dan hampir tidak memiliki polusi ataupun limbah.

Untuk bisa menghasilkan energi listrik tenaga matahari bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara langsung menggunakan fotovoltaik dan secara tidak langsung dengan pemusatan energi surya menggunakan lensa atau cermin dikombinasikan dengan sistem pelacak untuk memfokuskan energi matahari ke satu titik untuk menggerakan mesin kalor (panas) seperti mesin stirling atau lainnya.

Perkembangan teknologi dalam membuat panel surya atau solar cell semakin hari semakin lebih baik terutama dalam meningkatkan tingkat efisiensi, pembuatan aki yang tahan lama, pembuatan alat elektronik yang dapat menggunakan electrical energy.

Secara umum prinsip cara kerja pembangkit listrik ini sama dengan pembangkit listrik lainnya seperti pembangkit listrik tenaga uap  yang membedakan hanya bahan bakarnya.
Share on Google Plus

About Desty Yolanda

0 komentar:

Post a Comment